Basecare Pekanbaru Taja Kelas Menulis bagi Alumni

Diawali dengan niat ingin berbagi pengalaman melalui media tulisan, para alumni SM-3T yang terhimpun dalam Masyarakat SM-3T Institute (MSI) wilayah Riau berinisiatif untuk menaja Kelas Menulis. Agenda ini bertujuan untuk meningkatkan minat menulis para alumni yang kaya dengan pengalaman pengabdian sarat makna, namun belum memiliki kepercayaan diri untuk menuliskannya dan berbagi inspirasi pada khalayak

Berkat dukungan dari berbagai pihak seperti HIMA (Himpunan Mahasiswa) Biologi Universitas Riau, terselenggaralah kelas menulis bersama Basecare Pekanbaru yang berlangsung pada hari Minggu, 18 Februari 2018 di Ruang Kuliah Biologi, Universitas Riau. Adapun pemateri yang didaulat untuk berbagi pada kesempatan ini adalah saudara Ahlul Fadly, S.Pd yang saat ini menjabat sebagai ketua komunitas film Riau, semasa kuliah beliau juga menjabat sebagai redaktur majalah kampus selama dua periode. Ditemani oleh Reby Oktarianda, S.Pd.,GR yang merupakan ketua MSI Riau yang juga aktif menulis dan telah menerbitkan buku berdasarkan pengalaman pengabdiannya di pedalaman Papua.

Materi dibuka oleh Ahlul Fadli. Lelaki tambun yang biasa disapa Fadli itu menjelaskan dasar-dasar jurnalistik, dilanjutkan dengan materi dasar membuat feature dan narasi. Selain menjabarkan materi yang padat, Fadli juga memberikan tantangan pada para peserta untuk menuliskan narasi dengan kata-kata yang sudah ditentukan. Peserta pun dengan antusias menjawab tantangan tersebut dan membacakan hasilnya secara bergiliran.

Peserta kelas menulis sejumlah 25 orang  yang terdiri dari alumni SM-3T Angkatan IV dan V yang telah menyelesaikan PPG, ditambah dengan peserta PPG angkatan VI, dianggap pemateri telah memiliki bakat untuk menulis dan berimajinasi. Hal itu terlihat ketika masing-masing peserta membacakan hasil tantangan yang diberikan.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Reby Oktarianda yang berbagi pengetahuannya mengenai dasar-dasar menulis buku berdasarkan pengalaman. Sangat cocok dengan kebutuhan para peserta yang tentunya memiliki beragam pengalaman semasa pengabdian.

Kelas menulis kali ini dipandang penulis sebagai titik balik bangkitnya semangat menulis para Alumni SM-3T, terbukti beberapa peserta berharap kelas ini terus berlanjut dan disediakan wadah latihan menulis dalam bentuk diskusi online di social media seperti grup whatsapp. Tentu saja pengurus basecare Pekanbaru dengan senang hati akan memfasilitasi niat baik tersebut.

Pengurus basecare Pekanbaru berharap, output dari kegiatan ini bisa menggerakkan para alumni untuk terus berbagi dan menginspirasi dunia melalui media tulisan. Agar dapat hendaknya setiap moment dan kegiatan pengabdian dapat terukir indah. Yang paling penting adalah, terus berkarya.  Semoga bermanfaat.