GGD Anambas Berbagi dan Mengedukasi


Kamis (07/03/2019), Guru Garis Depan (GGD) Anambas mengadakan kegiatan Berbagi dan Mengedukasi di SDN 009 Palah, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan yang berlangsung satu hari ini diisi dengan beberapa kegiatan yakni Motivasi Literasi, Berbagi buku dan Permainan edukatif.

Kepala sekolah SDN 009 Palah, Kepulauan Anambas menyambut baik kegiatan ini. Anak-anak yang semestinya libur, malah bersemangat dan datang dengan mengenakan seragam sekolah. Sekolah Dasar Negeri 009 Palah terletak di Desa Mubur, Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas. Sekolah ini termasuk dalam Kecamatan Palmatak, namun letaknya jauh dari kecamatan tersebut. Kondisi jaringan di tempat ini juga belum stabil. Transportasi menuju sekolah ini juga tidak tersedia secara umum. Untuk menuju lokasi tersebut harus menyewa speed boat, maupun pompong atau biasa disebut motor laut.

Motivasi literasi menjadi mukadimah dalam kegiatan ini. Motivasi literasi ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada anak-anak agar terus membaca walaupun bahan bacaan masih terbatas. Kegiatan pembuka ini dipandu oleh Riza Hanizah, s.Pd.,Gr, GGD yang bertugas di SDN 006 Piabung, Kepulauan Anambas. Pada kegiatan motivasi literasi, GGD Anambas membagikan buku cerita yang telah disediakan. Selanjutnya masing-masing siswa diminta untuk membacakan cerita tersebut dan menentukan durasi. Saat durasi telah habis, anak-anak diminta untuk menceritakan inti dari buku cerita yang dibaca. Pada sesi ini, selain untuk mengetahui kemampuan anak-anak dalam memahami tentang apa yang dibaca, juga bertujuan untuk membangun karakter untuk berani tampil dalam menyampaikan pendapat. Anak-anak yang berani dalam menyampaikan isi buku yang dibaca serta tepat, diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi. Pada kesempatan tersebut, GGD Anambas juga menyumbangkan beberapa buku cerita anak-anak.

Kegiatan selanjutnya adalah permainan edukatif. Kegiatan ini dipandu oleh Sahrel, S.Si, GGD Anambas yang bertugas di SDN 005 Lidi, Kepulauan Anambas. Permainan edukatif  yang dilaksanakan juga sederhana, yakni permainan kelereng bersambung dan memindahkan botol berisi air secara estafet. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun karakter kerja sama, kejujuran dan konsentrasi. Di awal permainan, beberapa anak-anak tampak terkendala. Sementara anak-anak yang lainnya tampak santai. Namun, secara keseluruhan anak-anak begitu senang.

Pada penutupan kegiatan, anak-anak yang telah berhasil dalam permainan edukatif, diberikan hadiah. Keseluruhan anak-anak diberikan hadiah sesuai dengan bagiannya masing-masing. Kegiatan selanjutnya adalah foto bersama anak-anak, guru dan kepala sekolah.

Guru Garis Depan Kepulauan Anambas berharap kegiatan ini bermaslahat dan mampu memberikan motivasi. Berbagi dan Mengedukasi merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dari para alumni PPG SM-3T. Berbagi tidak semestinya harus besar, melainkan dimulai dari hal yang kecil. “Lakukanlah kontribusi sekecil apapun, yang penting dampaknya memberi kemaslahatan dan kepositifan”. Sebab perubahan tidak selalu dimulai dari tindakan yang besar, melainkan juga dari tindakan-tindakan sederhana yang dilakukan secara terus menerus.

Penulis : Juniar Sinaga

Juniar Sinaga , Total 20 Tulisan .

(Dikunjungi : 15 Kali)

Apa Reaksi Anda?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
1
Sangat Suka

Komentar Anda