GGD Dikmen Jawa Timur Inisiasi Panel Surya Sumber Listrik Cadangan

Sebaik-baik manusia adalah yang memiliki manfaat pada manusia yang lain. Mudah terucap namun sulit untuk terlaksana, dalam kesulitan dan keterbatasan Guru Garis Depan (GGD) Dikmen Jawa Timur yang berada di Sampang Madura mulai mencari beberapa sektor yang perlu dibenahi. Berbekal semangat untuk bermanfaat kami mencoba melihat permasalahan yang muncul.

Sampang adalah salah satu dari empat kota di Pulau Garam Madura. Sampang memiliki indeks pembangunan SDM yang rendah dibanding dengan tiga kota lainnya. Struktur geografis Sampang yang cendrung berbukit-bukit membuat beberapa wilayah tidak bisa dijangkau oleh akses Fiber optic Internet. Jika terjadi hujan disertai angin kencang di daerah bukit maka dampak yang sangat sering ditimbulkan adalah padamnya listrik pada daerah terdampak. Masalah ini sudah terjadi bertahun-tahun lalu sehingga terkesan bukan sebagai masalah, namun beberapa rekan mencoba mencari solusi mencari alternatif sumber listrik yang lain.

SMKN 1 Tambelangan, adalah SMKN tempat mengabdi empat rekan GGD. Jalur-jalur birokrasi mulai ditembus agar mendapatkan dukungan dari pihak sekolah. Dengan berbagai perjuangan akhirnya kami berhasil merintis adanya alternatif sumber energi listrik dengan Panel Surya. Pengerjaannya dilakukan dengan penuh perjuangan mengingat semua peralatan paling dekat bisa diperoleh di Kota besar di Pulau Jawa seperti Surabaya.

Dengan menggunakan sepeda motor, ditemani siswa membawa panel surya yang cukup besar menyeberangi selat Madura melewati jembatan Suramadu. Melakukan setting dengan berbagai macam permasalahan yang dihadapi dengan melibatkan siswa untuk membentuk jiwa kreativitas dan peka terhadap lingkungan sosial.

Hingga panel dipasang, peran siswa memang sengaja kami libatkan agar ke depannya, siswa yang berbasis SMK bisa mengambilnya sebagai pengalaman yang dapat bermanfaat pada saat bekerja nanti.

Maka, kembali kepada slogan sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat, maka kami berusaha menjadi insan yang bermanfaat demi kemajuan Indonesia dari kawasan pinggiran