‘Kotak Ide’ untuk Gerakan Literasi Nasional


Dua anak membaca buku yang disediakan gratis di mobil perpustakaan keliling, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (11/10). Perpustakaan keliling yang disediakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Pusat tersebut bertujuan untuk menciptakan serta meningkatkan budaya membaca bagi anak usia dini. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz/15.

Kotak Ide merupakan akronim dari Kotak Literasi Bergerak Indonesia. Ide ini muncul untuk menggerakkan literasi di masyarakat yang sejalan dengan Gerakan Literasi Nasional. Kotak Ide hadir dengan konsep Literasi bergerak. Bergerak meningkatkan literasi masyarakat dengan menggunakan kotak-kotak yang berisi buku-buku bacaan. Dalam melaksanakan kegiatan literasi, kaitan dengan upaya memenuhi kebutuhan koleksi buku, Kotak Ide mengandalkan koleksi buku pribadi dan donasi dari beberapa pihak.

Dalam hal koleksi pribadi, Kotak Kotak Ide memanfaatkan koleksi buku-buku yang dibeli atau dipakai saat perkuliahan, karena ada beberapa buku anak-anak yang kami gunakan saat PPL sebagai penunjang media pembelajaran, ditambah juga koleksi tabloid remaja yang masih layak baca yang juga merupakan koleksi saat kuliah. Di samping itu juga dalam menambah koleksi buku, Kotak Ide dalam hal ini pengelola, penggagas, sekaligus pemilik secara pribadi menyisihkan anggaran pribadi untuk menambah beberapa koleksi buku. Hal ini biasanya kami lakukan ketika berkesempatan berada di kota besar, baik berupa kegiatan pribadi atau agenda resmi lainnya selalu menyempatkan datang ke toko buku seperti ke Gramedia untuk membeli buku obral yang masih layak.

Kegiatan membeli buku dengan menggunakan dana priadi sudah beberapa kali kami lakukan. Pertama kali ketika ke Makassar untuk urusan pribadi kami tahun 2018, menyempatkan mampir ke Gramedia Grand Mall Maros, kami menemukan buku yang masih layak baca dengan harga obral. Di tahun yang sama juga ketika kami mendapatkan undangan kegiatan peningkatan literasi bagi guru sekolah dasar yang dilaksanakan oleh Kemendikbud di kota Palembang, kami menyempatkan pergi ke Gramedia Palembang yang kebetulan tidak jauh dari hotel tempat kegiatan, namun kami hanya mendapatkan beberapa buah buku karena tidak terdapat buku obral. Hal ini berlanjut juga ke kota Palu ketika mendapatkan undangan Bimtek PembaTIK oleh Pustekom Kemendikbud tahun 2019 yang dilaksanakan di LPMP Provinsi Sulawesi Tengah tak lupa juga kami sempatkan ke Gramedia Palu. Terakhir, di tahun yang sama juga ketika medapatkan undangan kegiatan Workshop Perlindungan Guru Dikdas yang juga dilaksanakan oleh Kemendikbud di Yogyakarta, kami sempatkan pergi ke shopping center, pusat penjualan buku untuk membeli 1 paket buku anak-anak. Selain datang ke toko buku, kami biasanya membeli buku secara online yang kebetulan lagi promo atau langsung membeli kepada penulisnya

Dalam hal donasi, Kotak Ide sudah beberapa kali mendapatkan bantuan atau donasi buku dari instansi pemerintah atau penggiat literasi lainnya. Hal ini karena Kotak Ide juga sudah mendaftarkan dirinya sebagai simpul pustaka kepada Pustaka Bergerak Indonesia dan Donasi Buku Kemendikbud. Hal ini terbukti sudah 2 kali mendapatkan paket buku dari Pustaka Bergerak, 1 kali paket buku komik dari Bakti Kominfo dan terakhir Buku Gratis Gerakan Literasi Nasional oleh Badan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud Ri sebanyak 60 judul masing judul berjumlah 2 eksemplar. Sekarang Kotak Ide lagi mengajukan registrasi taman baca pada komuntas 1001 buku, doakan semoga berhasil.

Salam Literasi

Kunjungi Kotak Ide

Alamat : Jl. Trans Sulawesi Desa Salumpengut, Kec. Moutong, Kab. Parigi Moutong, Sulawesi Tengah 94489

email: kotakid.indonesia@gmail.com

Facebook : https://web.facebook.com/kotakindonesia/

Blog: https://kotakide-indonesia.blogspot.com

Twitter: https://twitter.com/KotakIdn

Pengelola
Abd. Haris, S.Pd
085271120597
harismtg@yahoo.co.id

Penulis : ABD. HARIS

ABD. HARIS , Total 1 Tulisan .

(Dikunjungi : 135 Kali)

Apa Reaksi Anda?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
1
Sangat Suka

Komentar Anda