Meminang Doa

Bulan Juni. Di sini bertumpu beberapa rasa: suka dan duka. Sebelumnya berita duka atas kepergian alumni yang telah pergi mendahului. Kepergiannya menjadi muhasabah. Bahwa kematian senantiasa mengintai. Bahwa kematian adalah kepastian. Walau waktu dan tempat menjadi rahasiaNya. Tentang kapan, di mana dan dalam keadaan bagaimana. Pun berita tentang beberapa alumni yang sedang berjuang dalam sakitnya. Terbaring dalam doa dan zikirnya yang berspasi. Menengadah penuh harap untuk pulih dari sakitnya.

Warta bahagia pun semerbak. Para pejuang alhasil menjumpai jodohnya masing-masing. Lewat coraknya, mereka menjemput dan meminang doa dari yang lainnya. Penyatuan dua hati dari beberapa penggiat pendidikan yang saling dipertemukan lewat takdir yang diikhtiarkan.

Kupikir, doa pak Mohammad Nuh telah terkabul. Doa yang pernah beliau lafalkan di tahun 2014 silam, bertepatan di acara silaturahmi akbar SM-3T. Barangkali, terkabulnya doa itu sebab saat beliau melafalkan bait-bait doa kala itu, malaikat turut mengaminkan.

Dengan semerbaknya warta bahagia, maka bertambahlah amanah untuk mereka yang telah lebih dulu diamanahkan di ujung negeri, di perbatasan sana. Namun aku yakin amanah lain takkan lekang, sebab pejuang telah bertemu pejuang. Berarti mereka akan sama-sama berjuang, berjuang sama-sama.

Berlanjut pada kontemplasi dedikasi bersempena genapnya tiga tahun usia Masyarakat SM-3T Institute (MSI). Serangkaian agenda bermaslahat, mengerat waktu istirahat. Meleburkan dalam lembur yang tak teratur, untuk sebuah persembahan bernilai luhur.

Untuk alumni yang telah mendahului, semoga keseluruhan amalannya Allah ridhoi. Untuk yang kini sedang terbaring sakit, semoga lekas pulih. Untuk yang akan dan sedang bersiap dalam penyempurnaan separuh agamanya, semoga keseluruhan dimudah lancarkan olehNya.

Kita akan terus meminang doa. Untuk berita suka, pun sebaliknya. Merendahkan diri serendah-rendahnya di hadapanNya. Yang semoga dengan itu,  semakin bertautlah hati kita untuk semakin dekat padaNya. Dalam setiap musim yang berbeda, dalam setiap ujian yang tak sama. Semoga!

Juni, 2018