Pendidikan untuk Semua


UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1 berbunyi “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.” Inilah yang kemudian menjadi dasar penggerak rekan-rekan Masyarakat SM-3T Basecare Jawa Timur dalam memberikan kontribusi nyata dalam pendidikan Indonesia.

Ketertinggalan pendidikan tentu saja bukan hanya masalah daerah 3T. Kota besar seperti Surabaya misalnya juga punya segudang masalah dalam hal pendidikan. Salah satu yang disasar rekan-rekan Basecare JATIM adalah anak jalanan. Tak perlu jauh ke pelosok untuk ikut serta memajukan pendidikan Indonesia, karena tentu saja anak jalanan adalah masalah perkotaan yang juga harus mendapatkan pendidikan yang layak sebagai bagian dari generasi emas Indonesia.

Bekerja sama dengan Save Street Child Surabaya/Sidoarjo (SSCS), rekan-rekan Basecare JATIM akhirnya mengadakan Mengedukasi Anak Negeri (MeAN) yang menyasar anak jalanan. Beberapa hari sebelumnya, sudah dilakukan cek lokasi oleh beberapa rekan. Bertemu dengan teman-teman SSCS serta melakukan berbagai persiapan lainnya.

MeAN JATIM yang pertama ini dilakukan pada tanggal 14 Mei 2017 sekitar pukul 19.00 hingga 21.00 waktu setempat di Alun-alun Kota Sidoarjo. Anak-anak terlihat antusias dengan kegiatan ini. Mereka bersyukur masih ada yang peduli dengan pendidikan mereka. Tak banyak kegiatan yang dilakukan malam itu, mereka hanya ingin serius belajar, apalagi beberapa anak jalanan yang duduk di kelas 6 SD akan mengikuti ujian akhir keesokan harinya. Hanya beberapa anak TK dan siswa kelas rendah yang ikut dalam beberapa permainan. Keseruan tentu saja terpancar dari wajah mereka. Mereka tampak tak letih walau seharian telah turut bekerja untuk keluarganya dengan mencari nafkah di jalan. Hal ini tentu saja menjadi sumbu semangat bagi Team MeAN Jatim

“Kegiatan ini sangat berguna buat anak-anak. Mereka sangat senang terutama karena di masa-masa ujian sekolah seperti ini, ada rekan-rekan yang memang dasar pendidikannya guru yang mengajar mereka, mengingat selama ini volunteer kami basic pendidikannya bukan dari keguruan,” kata ketua SSCS Sidoarjo.

Team MeAN Jatim tentunya sangat berterima kasih pada rekan-rekan SSCS serta pada anak-anak yang mau ikut bergabung dalam kegiatan tersebut. Semoga kegiatan ini bisa berlanjut lagi agar pemerataan pendidikan segera tercapai.

#Team MeAN JATIM

*Karena pendidikan juga hak mereka..berbagilah, dan terus menginspirasi

Penulis : Mohammad Nur Ubaidilah

Mohammad Nur Ubaidilah , Total 1 Tulisan .

(Dikunjungi : 32 Kali)

Apa Reaksi Anda?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
0
Sangat Suka

Komentar Anda