SM-3T Mengajarkan Kita tentang Arti Kehidupan Sosial di Pelosok Negeri


Bersama murid-murid di SD Inpres Salimuli, Kecamatan Galela Utara, Kabupaten Halmahera Utara. Inilah kondisi ruang kelas sekolah kami di pelosok negeri.

“Bapak dan Ibu Guru kami menunggumu untuk kembali mengabdi dan makan sama-sama deng ki torang lagi.”

Di pedalaman kita bisa temukan rasa kekeluargaan yang sangat kuat. Layaknya memakai teori semut, setiap bertemu selalu menyapa dan bersalaman. Jika ada makanan selalu berbagi, jika kita kesulitan mereka dengan senang hati membantu. Masyarakat di pedesaan sangat baik kepada kami. Sayur mayur, buah-buahan dan ikan segar sering kali mereka bawa ke tempat tinggal kami. Jika bertemu di jalan dengan barang banyak, anak-anak akan membantu membawakan sampai di rumah.

Satu tahun berada di tanah rantau, tak terasa pengabdian kami telah berakhir, kini harus pergi meninggalkan mereka, keluargaku di Bumi Hibualamo. Masih teringat kala itu, masyarakat dan anak-anak didikku mengantar kami sampai di kota. Masih teringat jelas suara tangis perpisahan itu. Masih terasa kuatnya pelukan mereka, layaknya pelukan seorang ibu kepada anak-anaknya. Padahal kami hanyalah pendatang, yang datang dari jauh untuk mendidik anak-anak mereka.

Sungguh ada banyak hal yang sangat kurindukan selama di tempat pengabdian, makanan tradisional, kasbi, pisang santan, ikan bakar, dabu-dabu mantah dan kasih sayang sosial mereka. Mungkin bagi sebagian orang hal ini biasa saja, namun bagiku kesederhanaan dan kebersamaan akan membuat kita merasa semakin mensyukuri Nikmat-Nya. Hanya bisa berharap semoga kelak bisa bertemu dengan mereka lagi, Aamiin…

Salam Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia. SM-3T UNM (Universitas Negeri Makassar) angkatan V penempatan Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara.

Penulis : Ahmad Yusran

Ahmad Yusran , Total 3 Tulisan .

(Dikunjungi : 475 Kali)

Apa Reaksi Anda?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
0
Sangat Suka

Komentar Anda