GGD Anambas Terlibat menjadi Peserta Diklat Kurikulum 2013


Juniar Sinaga

Juniar Sinaga

Guru at Lihat Profil
Juniar Sinaga

Latest posts by Juniar Sinaga (see all)

Senin (16/11/2017), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas mengadakan kegiatan diklat K13 jenjang SD/MI dan diklat guru mata pelajaran UN jenjang SMP/MTs. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, yang dimulai dari Senin, 13 November-16 November 2017 di Tarempa Beach, Kabupaten Kepulauan Anambas. Acara pembukaan yang awalnya direncanakan akan dibuka langsung oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH akhirnya digantikan oleh Sekretaris Daerah, Bapak Sahtiar SH, MM, karena Bupati berhalangan untuk hadir.

Dalam sambutannya Bapak Sekda menyampaikan bahwa pelatihan bukan hanya berkaitan dengan pembinaan mutu pendidikan guru saja. Beliau juga berharap ke depannya ada pelatihan-pelatihan lainnya. Pada kesempatan yang sama, Dra Asiah selaku sekretaris pendidikan juga menyampaikan pesan agar seluruh peserta mengikuti kegiatan hingga selesai. “UN bukan penentu kelulusan. Namun UN juga menjadi tolok ukur keberhasilan pendidikan di suatu daerah,” ujar beliau.

Bapak dan Ibu ini direkomendasikan oleh UPT masing-masing. Maka patut bersyukur dan mohon dimanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil ilmu sebanyak-banyaknya. Setelah itu nanti jangan lupa untuk membagikan ilmu tersebut ke rekan lainnya. Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta dari 5 kecamatan. Pada kegiatan ini, sebanyak 9 orang GGD juga dilibatkan sebagai peserta yang mewakili dan atau menggantikan guru yang telah direkomendasikan dari sekolah masing-masing.

Kegiatan ini diisi oleh narasumber yang dihadirkan langsung dari lembaga penjaminan mutu pendidikan (LPMP) Provinsi Riau. Hari pertama diawali dengan materi perubahan mindset pembelajaran. Saat penyampaian materi pertama, keseluruhan peserta digabung. Selanjutnya baru dipisah berdasarkan jenjangnya masing-masing. Dalam penyampaian materi awal, pemateri mengutip beberapa kata-kata motivasi.

“Tidak ada bangsa yang berhasil melakukan transformasi besar tanpa dimulai dari cara pandang (Susilo Bambang Yudhoyono). Selanjutnya mengutip motivasi yang masih selaras dengan motivasi sebelumnya. “Kalau anda menginginkan perubahan kecil dalam hidup, maka ubahlah perilaku anda. Tetapi bila anda menginginkan perubahan yang besar, maka ubahlah pola pikir anda (Stephen Covey).

Motivasi-motivasi tersebut diharapkan mampu membuka pikiran dan memberikan energi positif kepada peserta diklat yang merupakan bagian dari tonggak peradaban. Pada pembukaan dan penutupan kegiatan ini, GGD Anambas juga berkesempatan untuk memberikan karya buku pengabdian sewaktu mengikuti SM-3T kepada Sekretaris Daerah dan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas.

Untuk ke depannya nanti semoga kita akan mencoba menggalakkan program SaGu SaKu. Kalau setahun pengabdian sudah menjadi sebuah buku, apalagi sepuluh tahun,” ujar sekretaris dinas sembari tersenyum.

-oOo-

Komentar Anda


What's Your Reaction?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
4
Sangat Suka

Login

Don't have an account?
Register

reset password

Back to
Login

Register

Silahkan Register terlebih dahulu

Captcha!
Back to
Login