GGD Karimun Ikuti Program Induksi Guru Pemula


Guru Garis Depan penempatan Kabupaten Karimun, Kep. Riau yang berjumlah 157 orang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Program Induksi Guru Pemula (PIGP) pada 5-7 Maret 2018 yang lalu. Kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan satuan tingkat pendidikan yaitu kelompok SD dan SMP di tempat terpisah. Bertempat di Hotel Alishan dan Hotel Erison, Tanjungbalai Karimun.

Program guru induksi pemula ini adalah sebuah program untuk menjadikan para guru pemula agar dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah/madrasah tempat tugasnya dan melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional. Program ini harus dijalani selama satu tahun dengan bimbingan dari guru senior dan kepala sekolah di sekolah masing-masing. Pada akhir program nanti, masing-masing guru akan dievaluasi dan diminta untuk mengumpulkan laporan pelaksanaan pembelajaran selama satu tahun tersebut.

“Kami sangat mengharapkan kontribusi positif dari para Guru Garis Depan ini untuk kemajuan pendidikan di Karimun. Para Guru Garis Depan hendaknya bisa menjadi sumur, yang airnya terus ditimba dan timba lagi oleh banyak orang. Tidak hanya di lingkungan sekolah tapi juga lingkungan masyarakat.” Kata Kepala Dinas Pendidikan Karimun, Bapak Bakri Hasyim pada saat penyampaian motivasi.

Selain itu, para guru garis depan juga dibekali dengan materi seputar penguatan pendidikan karakter oleh Bapak Imam Edhy Priyanto dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kepulauan Riau. Dalam penyampaiannya, poin penting yang harus senantiasa diingat adalah bagaimana kearifan lokal dapat menjadi penangkal ancaman budaya dan degradasi moral bagi peserta didik. Komunikasi antara orang tua, siswa dan guru harus terjalin dengan baik dan lancar. Sehingga, tak ada masalah di sekolah yang tidak dapat diatasi dan berakibat pada terhambatnya kegiatan proses belajar mengajar. Penanaman karakter pada siswa dilakukan dengan memberikan teladan.

Pada kesempatan itu, juga hadir Bapak Prima Sepriza selaku kepala bidang mutasi dan status kepegawaian kantor regional XII BKN Pekanbaru yang menyampaikan implikasi PP no.11 tahun 2017 tentang manajemen PNS terhadap karier jabatan fungsional. Materi yang disampaikan sangat banyak membantu dan memberi pengetahuan kepada guru garis depan agar menjadi PNS yang kontributif dan produktif. Para guru diharapkan dapat menjalankan hak dan kewajibannya sebagai PNS sesuai dengan aturan-aturan yang sudah dibuat dan bersifat mengikat.

Seusai kegiatan bagi para guru ini, kegiatan pun dilanjutkan selama dua hari berikutnya untuk para kepala sekolah dan pengawas di Kabupaten Karimun. Kegiatan demi kegiatan untuk para guru ini dilakukan pemerintah Kabupaten Karimun Bumi Berazzam untuk terus membenah diri dalam bidang pendidikan.

Komentar Anda


What's Your Reaction?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
0
Sangat Suka

Login

Don't have an account?
Register

reset password

Back to
Login

Register

Silahkan Register terlebih dahulu

Captcha!
Back to
Login