GGD Manokwari dan Alumni SM3T Mengikuti Pembatik dan Pemilihan Duta Rumah Belajar 2018

Bertempat di Hotel Billy Jaya Manokwari, sebanyak 30 peserta yang merupakan guru dari beberapa kota dan kabupaten di Provinsi Papua Barat mengikuti kegiatan Peningkatan Kompetensi TIK Guru dalam memanfaatkan E-Pembelajaran yang dilaksanakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dalam kegiatan tersebut, para guru yang di dalamnya terdapat GGD Angkatan I penempatan Kabupaten Manokwari dan beberapa alumni SM-3T yang tersebar di wilayah Papua Barat, dibekali dengan materi berupa kebijakan pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran, penyusunan rancangan media pembelajaran berbasis TIK, pemanfaatan kelas maya untuk pembelajaran daring, serta penyusunan action plan sosialisasi rumah belajar. Selain itu peserta juga dibekali dengan soft skill seperti cara membuat video dengan menggunakan aplikasi yang terdapat dalam handphone untuk memudahkan guru dalam pembuatan dan editing video pembelajaran yang disiapkan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi TIK guru agar kompetensi profesional dan pedagogik guru semakin baik. Nantinya setelah mengerjakan tugas akhir dalam jangka waktu yang ditentukan, akan dipilih dan ditetapkan satu orang Duta Rumah Belajar yang akan mewakili Papua Barat untuk mengikuti bimtek tatap muka bersama provinsi lainnya se-Indonesia di Jakarta.

Defa Hasri Nugraha selaku panitia pelaksana dari Pustekkom Kemdikbud mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di Manokwari, Papua Barat diikuti oleh peserta yang sangat antusias serta mampu mengerjakan semua tugas yang diberikan dengan harapan dapat memaksimalkan kelas maya kepada para peserta didik. Antusiasme para peserta tersebut juga dirasakan oleh Saiful Jamal yang adalah Duta Rumah Belajar Provinsi Papua Barat 2017.

Kedepannya setelah kegiatan ini selesai dilaksanakan, diharapkan para peserta boleh menjalin silaturahmi yang baik agar tetap saling memotivasi dalam mengaplikasikan rumah belajar disekolah masing-masing maupun disosialisasikan ke masyarakat umum agar bisa mengakses fitur-fitur didalam rumah belajar sebagai referensi pembelajaran.

Untuk mengikuti pelatihan ini, sebelumnya para peserta mengikuti pembelajaran berbasis TIK secara online  melalui dua tahapan yaitu level 1 Literasi TIK dengan tugas akhir menjawab pertanyaan sesuai modul yang telah disiapkan dengan passing grade yang telah ditetapkan untuk menuju ke level 2. Peserta yang dinyatakan lulus ke level 2, mengerjakan tugas secara online dengan menafaatkan fitur rumah belajar, menyiapkan RPP yang terintegrasi dengan TIK, membuat video pembelajaran, serta mengikuti ujian akhir level 2. Peserta yang dinyatakan lulus level 2 diundang untuk mengikuti kegiatan tatap muka yang dipusatkan pada ibukota provinsi masing-masing.

Adapun ke-30 peserta tersebut adalah:

  1. Alfentinus Ditubun (SD YPPK Santa Ursula Manokwari)
  2. Akhmad Faisal Muzakki (SD YPPGI 01 Wosi)
  3. Akhmad Zakaria Akbar (SMK N 6 Masni)
  4. Amirullah (SMK N 5 Manokwari)
  5. Andrianti Payung Linggi (SMK N 1 Anggi)
  6. Anfike Mentu (SD YPK Seget Kabupaten Sorong)
  7. Dolfanweik Hukom (SMK Kesehatan Terpadu Manokwari)
  8. Drs. Sakiman (SMK N 6 Manokwari)
  9. Eriana (MA Negeri Prafi)
  10. Fatima (SMK N 5 Sidey)
  11. Ferdinandus Tareng (SMK N 4 Manokwari)
  12. Hayu Agus Supriyanto (SMK N 4 Prafi)
  13. Hendrik Imanuel Mamahit (SMK N 4 Prafi)
  14. Irawati (SD Inpres 08 Oransbari)
  15. Isnaini Firdhousiyah (SMA N 2 Manokwari)
  16. Jamaluddin (SMA N 1 Warmare)
  17. Juliana Noya (SMK N 4 Prafi)
  18. Maftukhin (SMK N 4 Manokwari)
  19. Rawindi Sulu Padang (SMK N 4 Manokwari)
  20. Retno Andriani (SMK N 4 Manokwari)
  21. Rospika Tikupasang (SMK N 4 Manokwari)
  22. Silvester Elias Murdi (SD Inpres 14 Prafi)
  23. Sugiyono (SMK N 4 Manokwari)
  24. Titin Mutmainna Alimin (SMK N 6 Masni)
  25. Toto Irianto (SMK N 4 Prafi)
  26. Tri Sapto Adji (SMK N 4 Prafi)
  27. Siswanto (SMK N 4 Manokwari)
  28. Chrisno Pasuang (SMK N 6 Masni)
  29. Archadius Heri Susanto (SMK N 5 Cidey)
  30. Rohani Elprida Siagian (SMK N 4 Manokwari)