Kegiatan Game Out Bound dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Daerah 3 T.


Kegiatan Game Out Bound diharapkan menunjang pemenuhan kebutuhan fisik dan mental peserta didik. Ini sebagai bentuk tanggungjawab saya sebagai guru PenjasOrkes dalam meningkatkan kebugaran fisik dan mental peserta didik di SMP Negeri Satap Laitaku Kabupaten Sumba Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan Game Out Bound terdiri dari serangkaian permainan (games) dan tantangan (challenge) untuk meningkatkan karakter kerjasama dan kerja keras dalam kelompok.

Selain itu diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri, tanggung jawab, dan rasa persatuan antar peserta didik. Peserta didik nantinya diharapkan cermat, disiplin dan berintegritas tinggi, serta menciptakan  suasana gembira dan penuh motivasi. Kegiatan Game Out Bound ini diharapkan efektif dan efisien dalam meningkatkan mutu peserta didik.

Kegiatan ini dilaksanakan secara sederhana tanpa menggunakan anggaran sekolah.  Kegiatan ini melibatkan beberapa orang atau kelompok, sehingga ada pengalaman berinteraksi dengan orang lain dalam menghadapi tantangan. Game Out Bound ini sangat menarik karena sangat menyenangkan dan membantu dalam menguatkan karakter peserta didik.

Adapun proses kegiatan ini diurutkan sebagai berikut :

  1. Menentukan lokasi pelaksanaan game out bound lalu merumuskan tujuan yang ingin dicapai;
  2. Membuat dan membagi beberapa kelompok, selanjutnya menyampaikan banyaknya POS Game yang akan dilalui. Menyampaikan mekanisme penilaian tiap POS sampai finish. Melaksanakan Game Out Bound tersebut sampai finish.
  3. Setelah semua peserta kelompok sampai di titik finish, maka disampaikan hasil dari pelaksanaan Game Out Bound. Kelompok terbaik akan diberikan penghargaan.

Adapun analisis dampak apabila kegiatan game out bound ini dilaksanakan secara rutin dapat meningkatkan karakter dan terpenuhinya kebutuhan fisik dan mental peserta didik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T). Selain itu akan berkontribusi maksimal dalam tercapainya kebugaran dan budaya kompetitif peserta didik. Sehingga nantinya diharapkan berkontribusi positif bagi peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi.

(Dikunjungi : 54 Kali)

.

Apa Reaksi Anda?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
0
Sangat Suka

Komentar Anda

Share