Kuatkan Literasi, PPG SM-3T UNMUL VI Buka Pojok Baca

Senin, 2 April 2018 acara serah terima buku dan pembukaan Pojok Baca Asrama PPG SM-3T UNMUL sukses diselenggarakan oleh Tim Literasi. Pojok Baca merupakan salah satu program Tim Literasi yang digagas untuk penguatan kemampuan literasi mahasiswa PPG SM-3T. Turut hadir Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd selaku ketua pengelola P3G yang menyerahkan buku sekaligus membuka Pojok Baca.

Dalam sambutannya, Prof. Makrina mengapresiasi gagasan pembukaan Pojok Baca di asrama. Beliau mendukung penuh kegiatan penguatan literasi mahasiswa PPG UNMUL. Beliau berharap Pojok Baca dapat memfasilitasi mahasiswa dalam mencari referensi penyusunan karya. Beliau juga mengimbau kepada mahasiswa untuk meningkatkan minat baca. Menurut beliau jika minat baca meningkat, mahasiswa akan mempunyai bekal dan wawasan untuk menghasilkan karya. Karya berupa tulisan inilah yang merupakan produk akhir penguatan literasi mahasiswa PPG.

Koleksi buku di pojok baca sementara masih terdiri dari buku nonfiksi yang terdiri dari buku teks pedagogi dan buku teks pelajaran masing-masing jurusan. Rencananya masih ada penambahan koleksi buku-buku fiksi dan contoh-contoh karya tulis ilmiah. Pesan dari Prof. Dr Makrina Tindangen, M.Pd bahwa mahasiswa PPG dapat berpartisipasi dengan mencetak karya tulis yang pernah mereka buat untuk nantinya dijadikan koleksi Pojok Baca. Tim Literasi Pojok Buku juga membuka kesempatan bagi teman-teman mahasiswa PPG untuk berbagi koleksi buku melalui donasi buku.

Harapan terbesar dari pengelola Pojok Baca adalah partisipasi aktif dari mahasiswa PPG dalam memanfaatkan referensi yang ada secara maksimal dan bertanggung jawab. Pojok Baca bukan hanya menjadi sarana untuk memilih referensi, namun juga sebagai tempat untuk melakukan kajian dan diskusi keilmuan yang dapat memunculkan gagasan untuk menciptakan karya.