Memperingati Hardiknas, PPG SM-3T VI UNMUL Gelar Cerdas Cermat Pedagogik


Momen Hardiknas menjadi momen untuk memperbaruhi semangat dalam mengembangkan kompetensi pendidik. Senada dengan hal ini, PPG SM-3T VI UNMUL melalui Biro Keilmuan menyelenggarakan kompetisi pedagogik yang bertajuk Cerdas Cermat Pedagogik (CCP) pada hari Sabtu, 5 Mei 2018. Mengusung tema “Menggapai Indonesia Maju dengan Pendidikan Berkarakter, acara ini mendapat sambutan posistif dari mahasiswa PPG SM-3T.

Sedikit mengupas tema yang diusung panitia, ajang kompetisi ini diharapkan mampu meningkatkan karakter mahasiswa seperti kerjasama, jujur, dan sikap sportivitas. Hal ini penting, mengingat pendidikan berkarakter dapat dipahami dengan lebih mendalam jika disampaikan dengan memberikan contoh kepada peserta didik. Dari ajang kompetisi Cerdas Cermat Pedagogik, calon guru profesional dapat melatih karakter dan meningkatkan kemampuan pedagogik.

Tidak dipungkiri jika kemampuan pedagogik menjadi salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh mahasiswa PPG SM-3T sebagai calon guru profesional. Bukan hanya sebagai salah satu mata ujian pada UKMPPG (Ujian Kemampuan Mahasiswa Program Pendidikan Guru), kemampuan pedagogik menjadi bekal bagi mahasiswa PPG SM-3T untuk mengelola pembelajaran di kelas. Cerdas Cermat Pedagogik dipilih untuk mengisi peringatan Hardiknas karena ajang ini dinilai dapat meningkatkan semangat mahasiswa PPG SM-3T dalam menambah wawasan dan pengetahuan di bidang pedagogik. Acara ini juga dapat memberikan gambaran bagi peserta untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan kesiapan dalam menghadapi ujian.

Cerdas Cermat Pedagogik diikuti oleh 57 mahasiswa yang terbagi dalam 19 tim. Cerdas Cermat Pedagogik terdiri dari 3 babak yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Pada babak penyisihan masing-masing tim mengerjakan 150 butir soal pilihan ganda dalam waktu 90 menit. Pada babak penyisihan 19 tim bersaing untuk mendapatkan 6 tiket ke babak semifinal.

Pada babak semi final, panitia menyediakan 32 amplop berisi soal uraian singkat. Tiap tim diberi kesempatan untuk memilih 5 soal secara bergiliran. Durasi menjawab soal adalah 10 detik, jika dalam waktu yang ditentukan tim tidak dapat menjawab soal akan dilempar ke kelompok berikutnya. Masing-masing soal mempunyai nilai 10 poin, tiga tim dengan poin tertinggi akan maju ke babak final.

Tiga tim dengan perolehan skor tertinggi di babak semifinal melaju putaran final. Pada babak final, ketiga tim beradu cepat tepat untuk menjawab 10 pertanyaan uraian dari tim soal. Tiap jawaban pertanyaan memiliki jumlah kata kunci yang berbeda-beda. Setiap kata kunci mempunyai nilai 5 poin, semakin banyak kata kunci yang disebutkan maka semakin besar pula jumlah skor yang diperoleh. Setiap tim mendapat kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh tim soal jika kata kunci jawaban belum terbuka semua. Skor yang diperoleh tim merupakan akumulasi dari jumlah kata kunci jawaban pertanyaan yang mampu dibuka oleh tim. Skor tertinggi babak final diperoleh oleh tim yang beranggotakan Meidi (Bahasa Inggris), Pambayun (Geografi) dan Sukmawati (Bahasa Inggris). Tim ini sekaligus menjadi juara 1 Cerdas Cermat Pedagogik dan berhak mendapat setifikat dan hadiah dari panitia.

Kompetisi pedagogik semacam ini dapat dijadikan acuan untuk memproyeksikan kemampuan dan kesiapan mahasiswa PPG SM-3T dalam menghadapi Ujian Kelulusan Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG). Melalui Cerdas Cermat Pedagogik, mahasiswa PPG SM-3T juga dilatih untuk menyelesaikan soal-soal pedagodik.

Harapan dari Pengelola PPG UNMUL agar kegiatan ini menjadi pelecut motivasi bagi tiap peserta PPG untuk terus meningkatkan kompetensinya, baik itu di bidang profesional, kepribadian maupun sosial. Seperti dikutip dari pernyataan Bapak Maradona Sirajuddin, S.Pd.,M.Pd dalam sambutannya, “Selain sangat mangapresiasi kegiatan semacam ini, mewakili Pengelola PPG, saya sampaikan bahwa jangan cepat puas, jadikan hasil hari ini sebagai bahan evaluasi untuk terus mengembangkan kompetensi sebagai guru profesional.”

Komentar Anda


What's Your Reaction?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
1
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
1
Sangat Suka

Login

Don't have an account?
Register

reset password

Back to
Login

Register

Silahkan Register terlebih dahulu

Captcha!
Back to
Login