Ramadan Indah, Mari Berbagi Berkah di Bulan Penuh Berkah


Berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan, peserta PPG SM3T angkatan VI Universitas Mulawarman mengadakan buka puasa bersama anak-anak yatim yayasan Istiqomah yang diprakarsai oleh biro keagamaan PPG SM-3T. Kegiatan ini bertempat di panti asuhan Al Istiqomah Sempaja, kota Samarinda pada hari Minggu, 03 Juni 2018. Tujuan kegiatan ini untuk mengisi bulan Ramadan 1439 H dengan kegiatan yang bermanfaat yaitu berbagi rezeki dengan orang yang lebih membutuhkan utamanya anak yatim piatu.

Anak-anak yatim yang hadir dalam kegiatan adalah 43 anak yang terdiri dari 22 putra dan 21 putri. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Drs. H. Jaelani, M.Si selaku pengelola PPG Universitas Mulawarman, Maradona Sirajuddin, M.Pd selaku pembina asrama PPG SM-3T Universitas Mulawarman serta perwakilan dari basecare MSI (Masyarakat SM-3T Indonesia) Kalimantan Timur.

Acara dimulai pada pukul 16.30 WIT dengan diawali oleh kegiatan pembuka berupa permainan yang dimainkan oleh peserta PPG SM3T beserta para anak yatim. Permainannya yaitu mengoper botol ke teman sebelah sembari diiringi musik kemudian yang mendapat botol saat musik berakhir akan membacakan ayat-ayat suci Al Quran. Permainan berlangsung dengan seru, tampak sesekali keriuhan terjadi di tengah-tengah jalannya kegiatan ini.

Memasuki kegiatan inti, acara diawali dengan membaca ayat-ayat suci Al Quran yang dibacakan oleh anak-anak panti asuhan Al Istiqomah yaitu Teguh Saputra dan Silva Adiva. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan ketua panitia, pengelola panti asuhan dan pengelola PPG Universitas Mulawarman.

“Donasi dalam kegiatan ini berupa pakaian, buku dan uang tunai. Kami berharap bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi panti asuhan Al Istiqomah. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang sudah menyisihkan rezekinya untuk kegiatan ini, kepada basecare MSI yang membantu memublikasikan kegiatan ini, serta kepada PPG SM3T Universitas Mulawarman yang terus memberikan dukungan dalam kegiatan ini,” kata ketua panitia, Muhammad Mahrus Ali,S.Pd.

Drs. H. Jaelani, M.Si selaku pengelola PPG menambahkan,“ kegiatan seperti ini adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh peserta PPG SM-3T Universitas Mulawarman dan saya berharap kegiatan positif seperti ini akan terus berlanjut. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama dan kekompakan akan selalu terjaga. Selain itu saya juga ingin meminta maaf kepada pihak panti asuhan jika ada kekurangan baik dalam tingkah laku kami maupun dalam pelaksanaannya dan semoga panti asuhan Al Istiqomah terus berkembang dan maju untuk ke depannya”.

Kemudian sambutan juga disampaikan oleh Ustadz Didi Riyadi selaku pengurus Panti asuhan Al-Istiqomah. Beliau mengatakan,“ kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PPG SM-3T Universitas Mulawarman telah melaksanakan kegiatan buka bersama dan santunan anak yatim di sini. Saya teringat sebuah hadist yaitu siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun juga. Jadi saya berharap semoga amalan kegiatan ini menjadi gudang pahala bagi kita semua dan menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT”.

Setelah beberapa sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian donasi secara simbolik yang berupa uang tunai, 9 karton pakaian dan 2 karton buku dari pihak PPG SM-3T kepada panti asuhan. Semua bentuk donasi tersebut merupakan penggalangan dana yang dilakukan oleh biro keagamaan PPG SM-3T serta semua pihak yang turut membantu yaitu peserta PPG SM-3T angkatan VI, pengelola PPG Universitas Mulawarman dan basecare MSI Kalimantan Timur.

Sebagai perwakilan dari panti asuhan,Ustadz Didi Riyadi memberikan tausyiah sebelum memasuki waktu berbuka.  Dalam tausyiahnya, beliau memaparkan mengenai kewajiban berpuasa di bulan Ramadan sebagaimana yang terdapat di surat Al Baqarah ayat 183. Beliau juga menyampaikan agar puasa yang kita jalani tidak hanya mendapatkan haus dan lapar saja tetapi dapat dinilai ibadah oleh Allah SWT, karena pahala puasa dicatat langsung oleh Allah SWT. Tausyiah diakhiri dengan doa sebagai penutup acara yang dilanjutkan dengan shalat maghrib berjamaah.

Buka bersama dilaksanakan setelah melaksanakan shalat maghrib berjamaah. Peserta PPG beserta anak-anak terlihat kompak saat menikmati hidangan buka puasa serasa tidak ada sekat lagi antara peserta PPG SM-3T dengan anak-anak yang hadir, seperti terjalin persaudaraan yang akrab dan terlihat indah untuk dilihat.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini, saya sangat suka sekali bertemu dengan kakak-kakak PPG SM-3T”, tutur Nabila. Nabila adalah salah satu anak yatim di Panti asuhan Al-Istiqomah. Hal serupa juga disampaikan oleh Kurniawan. “Saya sangat suka kakak-kakak PPG SM-3T ada di sini, saya sangat senang sekali bermain dan berbuka bersama dengan mereka”.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian santunan kepada anak- anak yatim serta foto bersama untuk mengenang momen kebersamaan. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan tali persaudaraan yang telah terjalin bisa semakin dieratkan dengan kerjasama yang lebih baik di masa yang akan datang.

Komentar Anda


What's Your Reaction?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
2
Sangat Suka

Login

Don't have an account?
Register

reset password

Back to
Login

Register

Silahkan Register terlebih dahulu

Captcha!
Back to
Login