Reportase Kegiatan Berbagi dan Mengedukasi Pekanbaru, Riau


Kepedulian terhadap pendidikan tidak selamanya harus melalui tindakan yang besar. Karena untuk mencapai sebuah perubahan tentu harus berproses. Perubahan itu pun bisa dimulai dari langkah, tindakan yang kecil. Bahkan sebuah perubahan besar, bukan tidak mungkin berawal dari tindakan kecil yang dilakukan secara berkesinambungan.

Hal inilah yang menjadi satu motivasi dari Masyarakat SM-3T Institute Riau (MSI Riau) mengadakan kegiatan Berbagi dan Mengedukasi Anak Negeri di SDN 142 Pekanbaru selama satu hari di tanggal 6 Mei 2017. Pagi sebelum keberangkatan, tim MSI Riau ke lokasi, Pekanbaru diguyur hujan. Keadaan cuaca tersebut membuat tim menunda keberangkatan dari jadwal yang telah ditentukan. Keberangkatan yang seharusnya telah dilakukan mulai jam 06.30 Wib, tertunda karena menunggu hujan reda. Keadaan itu tidak menghentikan realisasi kegiatan walaupun penundaan waktu pelaksanaan terjadi selama 2 jam.

Kegiatan pembukaan Mengedukasi Anak Negeri dilakukan secara semi formal di lapangan sekolah. Guru SDN 142 Pekanbaru dengan kepercayaan yang besar telah menyerahkan siswa kepada tim edukasi. Ini amanah menurut kami, semoga di tangan kami siswa dapat teredukasi dengan baik sehingga menjadi anak-anak yang memiliki asa yang besar untuk bercita-cita yang tinggi.

Kegiatan dibuka dengan ice breaking untuk mengumpulkan semangat anak-anak, kemudian masuk pada substansi kegiatan yaitu outbond, demo kebersihan (menyikat gigi, penyaringan air keruh), dan pemutaran video pengabdian SM-3T. Sasaran untuk masing-masing kegiatan dibedakan. Demo kegiatan menyikat gigi dan outbond mengambil kelas 1 sampai kelas 3 sebagai sasaran. Sementara kelas 4 sampai kelas 6 menjadi sasaran untuk kegiatan demo penyaringan air keruh. Kegiatan berlangsung bersamaan. Kegiatan outbond dan demo menyikat gigi, dilaksanakan di lapangan sekolah. Sementara pemutaran video pengabdian SM-3T dan demo penyaringan air keruh dilaksanakan di dalam ruangan. Di akhir kegiatan, dilakukan pembagian paket alat tulis sebagai bentuk partisipasi nyata Potensi GGD terhadap pemenuhan hak-hak dasar pendidikan anak.

Setelah jam pelajaran selesai, kegiatan Mengedukasi Anak Negeri juga ditutup dengan memulangkan siswa ke rumah masing-masing. Tim edukasi menyampaikan terima kasih kepada guru-guru di SDN 142 Pekanbaru atas kesediaan dan kepercayaannya memberikan waktu untuk mengedukasi di sekolah tersebut. Wakil kepala sekolah, Bapak Abdul Muis, S.Pd yang mewakili kepala sekolah SDN 142 Pekanbaru menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat memotivasi anak-anak dan juga sekolah. Ibu Endang dan salah satu guru yang telah lama bertugas di SDN 142 Pekanbaru juga menyampaikan apresiasi yang sama terhadap kegiatan tersebut. Guru dan pihak sekolah berharap kegiatan tersebut bisa berlanjut agar pendidikan Indonesia semakin maju dan lebih baik

Reportase:

Tim Publikasi msi Riau

Penulis : Admin MSI

Admin MSI , Total 49 Tulisan .

Penggiat Literasi

(Dikunjungi : 46 Kali)

Apa Reaksi Anda?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
0
Sangat Suka

Komentar Anda