Reportase Mengedukasi Anak Negeri Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur


Dalam memperingati hari Pendidikan Nasional, Masyarakat SM-3T Indonesia (MSI) wilayah Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan Mengedukasi Anak Negeri (MeAN). Ini adalah yang pertama dilaksanakan oleh MSI cabang Kalimantan Timur. MSI sangat konsen dalam kepedulian pendidikan sebagai langkah ikut andil membantu pemerintah dalam dunia pendidikan.

MSI Kalimantan Timur membentuk Tim MeAN untuk mensurvei sekolah yang akan dijadikan sasaran MeAN dan mempersiapkan segalanya untuk kegiatan tersebut. MeAN dilaksanakan di SD Negeri 028 Tenggarong Seberang Kab. Kutai Kartanegara. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dimulai dari hari Jumat sampai Sabtu (5-6 Mei 2017).

Tim MeAN Kukar dibagi 2 kelompok dalam pemberangkatan menuju sekolah di hari pertama. Tim pertama berangkat pada pukul 07.30 Wita, perjalanan dari Samarinda ke SD Negeri 028 Tenggarong Seberang kurang lebih 1 jam. Pemberangkatan pertama ini, untuk mempersiapkan tempat acara pembukaan, perlengkapan/peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan MeAN dan memastikan peserta MeAN (Kelas 6) datang tepat waktu. Tim MeAN kedua berangkat pada pukul 10.00 Wita dengan membawa semua kebutuhan yang menunjang kegiatan tersebut.

MeAN dilaksanakan setelah sholat jumat pada pukul 13.30 Wita. Sebelum memulai kegiatan, Tim MeAN melakukan briefing dan gladi bersih agar kegiatan MeAN berjalan dengan lancar dan sukses tanpa adanya kesalahan/gangguan yang disebabkan oleh tim sendiri.

Para murid kelas 6 datang lebih awal dengan penuh semangat dan begitupun para guru. Jam menunjukkan pukul 13.30 Wita, sesuai rencana Kepala UPT Dinas Pendidikan Tenggarong Seberang yang diwakili oleh Bapak Kadrie, S.Pd akan membuka kegiatan, tetapi karena adanya hal yang perlu diselesaikan di kantor beliau mengalami keterlambatan. Tim MeAN mengisi waktunya dengan mengadakan ice breaking agar suasana dalam menunggu tidak bosan. Setelah 1 jam menunggu, Bapak Kadrie, S.Pd mewakil Kepala UPT Dinas Pendidikan Tenggarong Seberang datang dan acara pembukaan MeAN. Dalam pembukaannya, Bapak Kadrie, S.Pd mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh MSI Kalimantan Timur dan semoga tidak berhenti hanya di sekolah ini saja dan melakukannya di sekoah lain sehingga pemerataan kualitas pendidikan lebih cepat tercapai.

Setelah itu, mulailah pada kegiatan yang penting dalam MeAN ini yang ditujukan pada murid kelas 6 yang sebentar lagi menghadapi UN. Tim MeAN memberikan tips dan strategi dalam mengerjakan UN. Kemudian dilanjutkan dengan Try Out (Bahasa Indonesia) dan pembahasannya.

Pada hari kedua, Tim MeAN berangkat pada pukul 05.45 Wita. Sesampainya di sekolah langsung mempersiapkan perlengkapan untuk senam pagi. Senam pagi diikuti oleh siswa kelas 1-6 dan para guru. Mereka mengikuti senam pagi dengan penuh antusias. Selesai senam, Tim MeAN membagikan ‘Kolak’ kepada semua murid dan guru untuk mengganjal perut.

Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan yang utama seperti Mari Bercerita dan Lomba Mewarnai Gambar (Kelas 1), Mari Berhitung dan Lomba Mewarnai Gambar (Kelas ll), English Fun dan Hasta Karya (kelas lll), Pembuatan Mading dan Lomba Cipta Puisi (Kelas IV dan Kelas V) dan Try Out kelas Vl (Matematika dan IPA). Kelas l – lll mengikuti MeAN sampai pada pukul 12.15 Wita dan kelas IV-VI sampai pada pukul 15.30 Wita. Setelah siswa kelas l-lll pada pulang maka kelas IV-VI digabung menjadi satu kelas dan mengikuti pemutaran film (Malin Kundang) dan pelatihan baris berbaris (PBB). Di dalam setiap kegiatan diselingi dengan game edukatif dengan tujuan para siswa tidak jenuh dalam mengikuti rangkaian kegiatan.

Pada sore hari, kegiatan MeAN selesai dan ditutup oleh Kepala Sekolah SD Negeri 028 Tenggarong Seberang Bapak Mardin Liang, M. Pd. Beliau sangat mengapresiasi MeAN yang dilakukan oleh MSI Kalimantan Timur. Hal ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan para guru dan para siswa khususnya. Kepedulian MSI Kalimantan Timur dalam dunia pendidikan harus digalakkan dikarenakan masih banyak sekolah-sekolah yang lebih tertinggal dibandingkan di SD Negeri 28 Tenggarong Seberang. MSI Kalimantan menjadi termotivasi untuk terus mengedukasi anak negeri. Setelah selesai penutupan, tim MeAN yang juga adalah Potensi GGD mendeklarasikan kesiapan mengabdi sebagai komitmen bersama untuk berkontribusiu lebih besar untuk kemajuan pendidikan daerah 3T Indonesia.

Reportase:

Tim Publikasi dan Dokumentasi MSI Kalimantan Timur

(Dikunjungi : 50 Kali)

.

Apa Reaksi Anda?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
0
Sangat Suka

Komentar Anda

Share