Serunya Gotong Royong dalam Upacara Tarik Batu di Sumba


Kegiatan gotong royong di Indonesia diterapkan dalam banyak tradisi budaya. Mirip seperti tradisi memindahkan rumah di Sulawesi Barat, di Sumba NTT ada upacara tarik batu yang melibatkan puluhan warga.

Upacara tarik batu adalah upacara pemakaman yang merupakan bagian dari budaya Marapu. Ritual menarik batu puluhan ton tersebut dianggap sebagai ritual yang pantas untuk mengantar jenazah oleh keluarga yang masih menjalankan tradisi adat.

Puluhan laki-laki dewasa dengan sukarela menarik batu cadas sambil berteriak mengikuti aba-aba dari ketua adat. Pemandangan menggetarkan seperti itu terbilang langka dan tidak dilakukan setiap tahun. Hanya mereka yang mampu secara finansial dan masih memegang teguh adat tradisi Sumba.

“Ritual ini untuk nenek kami dua orang, dan kakak saya meninggal bulan lalu dan baru dikubur sementara. Suatu haru saya juga pasti akan mati,” tutur Umu Neka Djarawoli, salah satu anggota keluarga penyelenggara upacara.

Sebelum tarik batu dilakukan, keluarga dan masyarakat terlebih dahulu melakukan ritual kurban, doa, dan melakukan tari-tarian semalaman suntuk.

Sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2016/11/29/406/1554096/serunya-gotong-royong-dalam-upacara-tarik-batu-di-sumba

Penulis : Admin MSI

Admin MSI , Total 49 Tulisan .

Penggiat Literasi

(Dikunjungi : 105 Kali)

Apa Reaksi Anda?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
0
Sangat Suka

Komentar Anda