Donasi dan Literasi untuk Pedalaman Aceh


Menjadi alumni, tetap tidak pernah berhenti mengabdi. Slogan itu terpatri jelas dalam diri Alumni SM-3T Aceh. Merangkul semua pihak, demi partisipasi untuk negeri. Ada dan berkesinambungan secara terus menerus. Jika terus bisa bergerak, kenapa berdiam diri?

Ide awal program dicanangkan di pertengahan September, rapat final di Akhir september agar program segera dijalankan.

Target awal 2000 buku, untuk dua titik. Di luar dugaan belum satu bulan sudah mencapai target. Ini suatu pertanda baik, dengan adanya sambutan luar biasa dari masyarakat, sekolah, alumni untuk berkontribusi bagi negeri.

Di berbagai daerah di Aceh juga terjadi pergerakan, pengumpulan buku oleh rekan alumni SM-3T. Koordinator yang telah terbentuk menjalankan misi seimbang untuk hasil bersama. Semoga sesuai rencana dan tanpa halangan, buku siap diserahkan kepada yang membutuhkan.

Dilihat dari berbagai sisi, banyak sekolah di pedalaman Aceh yang masih sangat membutuhkan sentuhan alumni SM-3T, berharap program ini sukses nantinya, tepat sasarannya.

Terimakasih kami haturkan kepada semua pihak yang banyak membantu dalam menjemput buku, mengumpulkan buku, kehadiran bersama untuk menyukseskan program kita. Semua ini baru langkah awal di tahap pengumpulan buku, belum terjun ke lokasi; medan juang yang sesungguhnya

Literasi sendiri hal yang terus digalakkan dalam membangun dan menguatkan karakter peserta didik. Di sebagian daerah perkotaan, tentu semua serba cepat prosesnya berjalan. Fasilitas yang ada sangat menunjang hadir dalam diri siswa. Gerakan literasi di sekolah bisa saja dimulai dalam sebuah rutinitas baru, yakni 15 menit sebelum belajar, siswa dibiasakan membaca buku dari berbagai jenis

Namun hal yang timpang terjadi di pedalaman. Buku bacaan yang kurang tersedia membuat cita-cita literasi sendiri mengalami banyak kendala. Bahkan mendengar istilahnya pun siswa belum pernah. Inilah pekerjaan rumah bersama bagi alumni SM-3T

Dengan membaca, semua akan lebih baik, akan tumbuh pemahaman yang baik. Pemahaman yang baik tidak akan sia-sia. Kita tidak dapat mengalami banyak hal seorang diri. Jika orang lain berbagi melalui karyanya, maka serap dan definisikanlah maksudnya, pahami susunan makna tersirat maupun tersurat di dalamnya.

Salam Literasi
Jayalah Indonesia

Komentar Anda


What's Your Reaction?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
2
Sangat Suka

Login

Don't have an account?
Register

reset password

Back to
Login

Register

Silahkan Register terlebih dahulu

Captcha!
Back to
Login