Peran Guru Muda dalam Pelestarian Budaya


Indonesia adalah negeri yang terkenal dengan keanekaragamannya. Terdapat ratusan bahkan lebih suku bangsa yang ada di bumi Indonesia. Dari suku suku ini kemudian terbentuk suatu budaya yang berbeda antara satu sama lain. Budaya Indonesia memang sangat kaya, namun berapa banyak budaya yang bisa kita disebutkan dari sedemikian banyaknya budaya yang dimiliki Indonesia? Mungkin jawaban kita hanya bisa dihitung dengan jari. Ironis memang. Tapi inilah kenyataan yang ada. Kita, penerus generasi bangsa, seakan cuek terhadap budaya kita sendiri. Kita harusnya melestarikannya. Tapi mengapa kita malah tak peduli dan mengabaikannya?

Di era globalisasi ini budaya budaya barat sangat mudah masuk ke Indonesia. Budaya ini tumbuh dan berkembang dengan pesat di Indonesia. Kita, selaku generasi muda, lebih menyukai akan budaya ini ketimbang budaya asli kita. Kita merasa lebih PeDe dan merasa lebih gaul jika meniru budaya barat. Kasus lain adalah masalah tentang pengakuan budaya kita oleh Malaysia. Tentu kita geram akan Negara tetangga yang dengan seenaknya mengklaim budaya budaya kita seperti Reog Ponorogo, Tari Pendek, Batik, Lagu Sayange ,dll. Ini merupakan tamparan keras bagi kita semua, rakyat Indonesia khususnya para generasi muda. Kita tidak bisa serta merta menyalahkan Malaysia yang telah mengklaim budaya kita. Kita sebagai rakyat Indonesia juga harus sadar akan kesalahan kita. Kita harus introspeksi diri kita. Berapa banyak dari kita yang sebelumnya peduli pada budaya asli Indonesia sebelum kejadian seperti ini ? Untuk itu, marilah kita sama-sama merenungkan dalam hati kita masing masing.

Jika memang wayang kulit salah satu budaya yang kita miliki mengapa harus malu untuk menontonnya? Jika memang batik itu juga bagian dari budaya kita, mengapa merasa malu memakainya? Jika tarian Lego-lego adalah budaya kita, mengapa kita merasa bangga dengan tarian yang lebih kebarat-baratan? Sudah seharusnya, kita bangga akan budaya kita sendiri. Karena bangsa lain pun iri terhadap apa yang kita miliki.

Pedulilah terhadap budaya kita, budaya Indonesia. kita harus bangga menjadi orang Indonesia! Bangga akan budaya Indonesia yang beragam! Ini budayaku! Indonesiaku! Sekarang nasib bangsa Indonesia ada di tangan kita, para pemuda jadi berilah yang terbaik bagi Bangsa Kita, Negara Kita, Indonesia.

Pertanyaan

Siapa yang harus melestarikan kebudayaan indonesia ?

Jawab : Kita selaku penerus generasi bangsa.

Mengapa kita harus melestarikan budaya indonesia?

Jawab : Dengan mempertahankan kebudayaan, maka bangsa ini dapat mewujudkan cita – cita bangsa yangluhur. Kebudayaan bangsa Indonesia terkenal dengan keanekaragamannya, dengan melestarikan kebudayaan lokal berarti peran serta masyarakat dan generasi muda bangsa ini sudah mampumewujudkan cita – cita bangsa yang luhur dan tetap menjaga keutuhan warisan dari nenek moyang.

Bagaimana cara kita menjaga kelestarian kebudayaan indonesia ?

Jawab :

  1. Culture experience

Culture experience adalah pelestarian budaya yang dilakukan dengan cara terjun langsung, seperti contoh masyarakat dianjurkan mempelajari tarian daerah dengan baik, agar dalam setiap tahunnya tarian ini dapat ditampilkan dan diperkenalkan pada khalayak dengan demikian selain dapat melestarikan budaya kita juga dapat meemperkenalkan kebudayaan kita pada orang banyak.

  1. Culture knowledge

Culture knowladge merupakan pelestarian budaya dengan cara membuat pusat informasi kebudayaan, sehingga mempermudah seseorang untuk mencari tahu tentang kebudayaan. Selain itu cara ini dapat menjadi sarana edukasi bagi para pelajar dan dapat pula menjadi sarana wisata bagi para wisatawan yang ingin mencari tahu serta ingin berkunjung ke Indonesia dengan mendapatkan informasi dari pusat informasi kebudayaan tersebut.

selain 2 hal tersebut, kita juga dapat melestarikan kebudayaan dengan cara sederhana berikut:

  1. meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memajukan budaya lokal;
  2. lebih mendorong kita untuk memaksimalkan potensi budaya lokal beserta pemberdayaan dan pelestariannya;
  3. berusaha menghidupkan kembali semangat toleransi kekeluargaan, keramah-tamahan dan solidaritas yang tinggi;
  4. selalu mempertahankan budaya indonesia agar tidak punah;
  5. mengusahakan agar semua orang mampu mengelola keanekaragaman budaya lokal, oleh sebab itu kita sebagai warga indonesia sudah seharusnya berbangga dengan jutaan keindahan alam serta keanekaragaman budaya yang kita miliki. Sudah sepatutnya kita melestarikan kebudayaan ini agar terus berkembang dan dapat diperkenalkan kepada seluruh dunia agar tidak ada pengklaiman dari negara asing yang mengakui kebudayaan indonesia sebagai kebudayaannya.

Mari kita wujudkan bangsa Indonesia yang berbuda, dimulai dari diri kita pribadi untuk lebih mencintainya. Sebagai seorang guru yang sudah pernah mendidik di daerah 3T, pastinya kita mendapat banyak sekali pengetahuan tentang budaya di Indonesia, setidaknya mari kita tebarkan inspirasi untuk orang lain tentang beranekaragam budaya Indonesia dan cara melestarikannya. Jangan sampai kita hanya dapat menerima keputusan bahwa sedikit demi sedikit budaya kita diambil oleh negara lain. Tetaplah menjadi guru muda yang berperan aktif dalam pelestarian budaya Indonesia.

Biodata: Penulis bernama Sidiq Pramudito, merupakan alumni SM-3T LPTK UNY dan PPG SM-3T LPTK UNY, berasal dari keluarga sederhana dan berdomisili di kabupaten Sragaen, Jawa Tengah. Sebagai seorang penggiat pendidikan pastinya dia hobby mengajar, travelling, dan sedikit mencoba mencurahkan pengalaman ke dalam sebuah tulisan. Ingin berbagi pengalaman dengan penulis dapat menghubungi nomer 081216535455 atau bisa lihat di blog penulis inspirasigurumuda.blogspot.id

Penulis : Sidiq Pramudito

Sidiq Pramudito , Total 2 Tulisan .

(Dikunjungi : 7 Kali)

Apa Reaksi Anda?

Terganggu Terganggu
0
Terganggu
Terhibur Terhibur
0
Terhibur
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi
Tidak Peduli Tidak Peduli
0
Tidak Peduli
Sangat Suka Sangat Suka
1
Sangat Suka

Komentar Anda